DETAIL BERITA

KUNJUNGAN KERJA DIREKTUR PERBENIHAN TANAMAN PANGAN KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA KE KABUPATEN MAPPI

Kunjungan Direktur Perbenihan Tanaman Pangan dalam rangka meninjau lokasi penanaman sagu di Kampung Obaa Distrik Obaa, lokasi pembibitan kedelai di Jl. Bandara Kepi, lahan perkebunan di Kampung Katan Distrik Nambioman Bapai, lokasi persawahan di Kampung Linggua Distrik Nambioman Bapai dan mengunjungi Pelabuhan Mur.

Selama mengunjungi lokasi, Takdir Mulyadi menyempatkan berdialog dengan masyarakat untuk mendengarkan keluhan-keluhan dan hambatan mereka selama proses bercocok tanam. Sebagian besar masyarakat mengeluhkan proses penyiraman ketika musim kemarau datang dan mereka berharap adanya bantuan mesin pompa air agar proses penyiraman ketika musim kemarau bisa dilaksanakan.

Mulyadi mengatakan bahwa Bapak Bupati dua minggu yang lalu telah banyak menyampaikan aspirasi dan kami dari Kementerin Pertanian pada hari ini bersama-sama dengan Wakil Bupati menindaklanjuti pertemuan itu.

“Jadi saat ini yang kami lakukan adalah menyiapkan segala komitmen yang berkaitan dengan pertemuan Bapak Bupati dengan Bapak Menteri Pertanian,” ujar Mulyadi.

Beberapa tindak lanjut yang dilakukan seperti penyediaan bibit, bantuan alat-alat pertanian seperti mesin pompa air, serta pembuatan penampungan air agar pada musim kering air tetap tersedia dan itu mungkin langkah-langkah awal yang bisa kami lakukan saat ini.

Bapak Bupati juga menemui Ibu Susi pudjiastuti Menteri Kelautan dan Perikanan dan semuanya dalam rangka untuk memberdayakan kesejahteraan masyarakat sehingga marilah kita semua bekerja sama. Kami dari Kementerian Pertanian tentunya akan memasukkan program yang berkaitan dengan pertanian.

“Kedatangan kami di tempat ini merupakan langkah awal kita meninjau tempat ini yang nantinya untuk mendapatkan dokumen-dokumen, karena bantuan pemerintah ini perlu adanya dokumen”, terangnya.

Terimakasih atas masukannya nanti akan kami upayakan karena Papua maupun masyarakat di Kabupaten Mappi merupakan satu kesatuan Negara Republik Indonesia dan perhatian kita sama dengan daerah-daerah lainya.

Sementara Wakil Bupati Mappi Jaya Ibnu Su’ud, ST. mengatakan apa yang sudah bapak-bapak sampaikan khusus di sektor pertanian nanti akan disampaikan kepada Menteri Pertanian oleh Bapak Direktur Pembenihan Tanaman Pangan yang saat ini hadir di tengah-tengah kita.

Jadi kedatangan beliau ke Kabupaten Mappi merupakan tindak lanjut dari pertemuan Bapak Bupati dengan Menteri Pertanian sehingga beliau datang melihat kondisi riil potensi kita seperti apa. Beliau tadi sampaikan sebenarnya potensi kita di Kabupaten Mappi sangat luar biasa, karena kemampuan keuangan daerah kita ini terbatas, sehingga kita membutuhkan bantuan baik itu dari Provinsi dan Menteri Pertanian untuk melengkapi apa yang menjadi kebutuhan kita.

Dan itu komitmen kami di Kabupaten Mappi, Bapak Bupati sudah berkomunikasi dengan Menteri Pertanian, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Pemuda Olahraga dan Menteri Pekerjaan Umum. Pertemuan yang sudah dilakukan tersebut bertujuan supaya program ini bisa langsung menyentuh kepada masyarakat asli Mappi.

Saya berharap potensi yang ada di Kabupaten Mappi ini bisa kita manfaatkan dengan baik dan nantinya bantuan berupa alat-alat yang akan diberikan bisa kita manfaatkan, kita jaga, kita rawat dengan sebaik-baiknya agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.   

“Dukungan Pemerintah Pusat terhadap Kabupaten Mappi sangat luar biasa sehingga apa yang menjadi dukungan Pemerintah Pusat merupakan perhatian Pemerintah Pusat terhadap Papua, terlebih khusus kita di Kabupaten Mappi”, ujar Wakil Bupati menutup sambutannya.

Oleh : Admin Web | 20 September 2019 | Dibaca : 106 Pengunjung