DETAIL BERITA

KUNJUNGAN KERJA KEMENTERIAN PERTAHANAN RI KE MAPPI

Setelah beristirahat di ruang VIP Bandara Kepi, Kolonel Laut (KH) Muhaimin bersama rombongan melanjutkan perjalanan ke Pendopo untuk menghadiri acara tatap muka Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dengan Pemerintah Kabupaten Mappi. Asisten I Setda Mappi I Gusti Made Andrawan, S.Sos. saat memberikan sambutan mengatakan program dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia tentunya akan memberikan dampak yang positif di wilayah Papua khususnya di Kabupaten Mappi. “Kita harus berbangga hati dan harus memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya karena walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19, bapak-bapak dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia menyempatkan berkunjung ke Kabupaten Mappi. Semoga apa yang menjadi tujuan kunjungan ke Kabupaten Mappi ini bisa sukses dan terwujud”, ungkap Asisten I. Lebih lanjut dijelaskan untuk program yang disampaikan ini tentunya akan sangat bermanfaat buat kami di Kabupaten Mappi, kami mengharapkan dukungan program pembangunan yang saat ini sedang bergulir walaupun usia kabupaten kami baru sekitar 17 tahun dibandingkan Kabupaten Merauke yang usianya lebih dari 100 tahun. Saya berharap program ini nantinya bisa bermanfaat untuk menuju suatu kesejahteraan bagi seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Mappi.

Sementara itu Kolonel Laut (KH) Drs. Muhaimin, S.Sos.,M.H. mengatakan tujuan kami datang ke Kabupaten Mappi khususnya dan umumnya di wilayah Provinsi Papua dalam rangka mendapat perintah untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah dalam rangka pemenuhan lahan untuk mendukung Program Badan Cadangan Logistik Strategis (BCLS) untuk Pertahanan Negara yang diperintahkan oleh Presiden Republik Indonesia kepada Bapak Prabowo selaku Menteri Pertahanan.

Lebih lanjut Kolonel Laut (KH) Muhaimin menjelaskan, BCLS adalah suatu program untuk pemenuhan cadangan logistik strategis yang selama ini seharusnya kita terpenuhi oleh kita sendiri, karena petani kita belum bisa memenuhi, terpaksa kita harus datangkan dari luar negeri. Ketahanan pangan yang kuat bisa menimbulkan efek gentar atau “Deterrent Effect” bagi suatu negara secara geostrategis. Negara yang memiliki ketahanan pangan kuat akan disegani secara global karena mampu berdikari memenuhi konsumsi masyarakatnya. (Sumber: https://www.kemhan.go.id/2020/08/13/ketahanan-pangan-yang-kuat-munculkan-deterrent-effect.html)

Pada saat wawancara hari ini (5/9/2020) dengan pewarta portal.mappikab.go.id, Muhaimin menjelaskan, “Saat ini kami berada di Kabupaten Mappi dalam rangka mengemban tujuan yang sangat mulia karena akan menggerakkan ekonomi rakyat, dalam hal ini kami telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Mappi untuk mendapatkan tanah yang akan ditanami ketela pohon dan padi. Selanjutnya akan kita kerjasama dengan Pemerintah Daerah karena kita tahu bahwa tanah di Provinsi Papua pada umumnya dan khususnya di Kabupaten Mappi adalah milik ulayat atau tanah adat, untuk itu kemarin (4/9/2020) kita sudah rapat dengan para kepala SKPD yang dipimpin oleh Asisten I untuk menjelaskan supaya ke depannya mengerti apa itu Program Badan Cadangan Logistik Strategis (BCLS). Saya berharap supaya program ini bisa disambut dengan antusias karena pada dasarnya program ini menggerakkan ekonomi masyarakat, apalagi saat ini dalam masa pandemi Covid-19 ekonomi kita sedang turun pergerakannya, untuk itu daripada tanah kita kosong, daripada pekarangan kita ditumbuhi ilalang mari kita manfaatkan kita tanami ketela pohon, kita tanami sayur mayur agar bisa mendapatkan hasil”, tegas Muhaimin. Selama di Kabupaten Mappi, Kolonel Laut Muhaimin menyempatkan berkunjung ke Distrik Nambioman Bapai melihat pelabuhan dan area persawahan yang ada di Kampung Mur, setelah dari Distrik Nambioman Bapai dilanjutkan mengunjungi Kampung Yamui untuk melihat secara langsung tanaman sagu.

 

Oleh : Admin Web | 08 September 2020 | Dibaca : 29 Pengunjung