DETAIL BERITA

TP PKK KABUPATEN MAPPI GELAR PENGOLAHAN BAHAN PANGAN LOKAL DI KAMPUNG REP

Sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat, Program Unggulan merupakan ciri khas Gerakan PKK untuk mencapai visi dan misinya, yang dilaksanakan oleh seluruh jajaran Tim Penggerak PKK Pusat dan Daerah sampai kepada Kelompok-kelompok PKK dan Dasawisma sesuai dengan peran, fungsi, dan kapasitasnya masing-masing. Program Unggulan ini dikategorikan sebagai program prioritas. Program Unggulan dimaksud, adalah Pola Asuh Anak dan Remaja dengan penuh cinta dan kasih sayang dalam Keluarga, Pemberdayaan Ekonomi Keluarga, Pemanfaatan lahan melalui Program Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK, Hidup Bersih Sehat di dalam Keluarga dan Lingkungan dengan PHBS dan perilaku Cerdik (cek kesehatan secara teratur, enyahkan asap rokok, rajin olahraga, diet seimbang, istirahat cukup, dan kelola stress). (Sumber: https://tppkk-pusat.org/tentangkami/)

Terkait dengan hal tersebut, dalam sambutannya, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mappi Ny.Inocentia Kelanit Agawemu mengatakan bahwa di tengah Pandemi Covid-19 seperti saat ini, kami dari Tim Penggerak PKK Kabupaten hadir di Kampung Rep guna untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan bagaimana cara mengelola Bahan Pangan Lokal yang banyak terdapat di pekarangan rumah. Tujuan pelatihan ini adalah untuk menjadikan ibu-ibu PKK di Kampung Rep menjadi lebih terampil dalam mengelola makanan, meningkatkan imunitas dan gizi, serta bisa memperbaiki perekonomian keluarga.

Kampung Rep adalah kampung keempat yang kami datangi untuk melakukan Pelatihan Pengolahan Bahan Pangan Lokal. Sebelumnya kami telah melakukan pembagian masker dan sabun pada distrik dan kampung-kampung sekaligus memberikan pemahaman tentang bahaya Covid-19 ini.

Pada hari ini kami akan melakukan sosialisasi tentang bagaimana cara mengolah Bahan Pangan Lokal yang banyak terdapat di sekitar rumah kita dan mudah untuk diolah tentunya dengan cara yang sangat mudah dan tidak memakan banyak biaya. Bahan Pangan Lokal tersebut seperti umbi-umbian pisang dan sagu tersebut akan coba kami praktekkan pada ibu-ibu di Kampung Rep agar menjadi camilan yang sehat untuk keluarga.

Sebelum menutup sambutan ini, saya berharap ibu-ibu mulai berkebun di pekarangan rumah karena kita tidak tahu kapan Covid-19 ini akan berakhir. Dan apabila nanti terjadi krisis pangan kita sudah punya sumber cadangan makanan di rumah kita sendiri. Saya juga berharap ilmu yang sudah didapat bisa dibagikan kepada masyarakat umum terutama ibu-ibu di kampung agar mereka bisa lebih berinovasi dan berkreasi dalam mengelola makanan”, ujar Ketua TP PKK Kabupaten Mappi.

 

Oleh : Admin Web | 14 Oktober 2020 | Dibaca : 39 Pengunjung