DETAIL BERITA

BANK PAPUA CABANG MAPPI GELAR SOSIALISASI TRANSAKSI NON TUNAI

Pejabat Pengganti Sementara (Pgs.) Kepala Bank Papua Cabang Mappi, Agus Riyanto, Amd.Akt. mengatakan tujuan sosialisasi ini untuk memberitahukan kepada SKPD maupun Pemerintah Kabupaten Mappi bahwa transaksi non tunai seperti yang telah dikeluarkan Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan Dan Pemberantasan Korupsi, serta Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 910/1866/SJ dan 910/1867/SJ tanggal 17 April 2017 tentang Implementasi Transaksi Non Tunai pada Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, untuk itu kami melakukan sosialisasi ini untuk tahapan awal sebagai permulaan untuk menuju ke pelaksanaan transaksi non tunai tersebut. Guna melaksanakan transaksi non tunai tersebut kita memerlukan infrastruktur sarana dan prasarana untuk menunjang pelaksanaan tersebut, dari Bank Papua sendiri telah membuat program yang mensupport untuk implementasi transaksi non tunai dan itu sudah diberlakukan dan terlaksana di Provinsi Papua, Kabupaten Kota Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Asmat. Dan diharapkan selanjutnya untuk Kabupaten Mappi.

“Saya berharap ini semua berjalan dengan baik untuk kepentingan kita semua Pemerintah Kabupaten Mappi dan Bank Papua, saya harapkan juga kerja sama yang baik ini akan terus berlanjut untuk kemudahan bagi kita semua dan keuntungan bagi Bank Papua dan Pemda Mappi khususnya masyarakat  Kabupaten Mappi”, jelas Agus Riyanto pada pewarta portal.mappikab.go.id.

Selain mengurangi risiko penularan Covid-19, transaksi nontunai masih memiliki banyak keunggulan dibanding transaksi tunai. Salah satu keunggulan transaksi nontunai adalah lebih praktis dan efisien. Pembeli dan penjual tak perlu lagi repot untuk menyiapkan uang tunai dan kembalian yang merepotkan. Tak hanya lebih praktis. Transaksi non tunai juga lebih cepat dan efisien. Hanya dengan scan QR code atau konfirmasi, pembayaran selesai dalam sekejap. (Sumber: https://money.kompas.com/read/2020/ 05/09/144045726/transaksi-nontunai-jadi-salah-satu-cara-mencegah-penyebaran-covid-19?page=all)
Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Mappi Jaya Ibnu Su’ud, S.T. mengatakan kegiatan sosialisasi hari ini dalam rangka implementasi atau penerapan transaksi non tunai di lingkup Pemerintah Kabupaten Mappi yang bekerja sama dengan Bank Papua. Kita berharap bahwa sosialisasi yang dilakukan hari ini (13/10/2020) bisa memberikan informasi tentang penerapan transaksi non tunai kepada teman-teman pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Mappi.

“Ada hal yang akan dicapai dalam penerapan transaksi non tunai, meliputi pencegahan tindak pidana korupsi yang merupakan tuntutan rencana aksi KPK dan perbaikan pengelolaan keuangan dari sisi pengelolaan kas daerah”, ujar Wakil Bupati.

Lebih lanjut dijelaskan penerapan transaksi non tunai di dalam belanja daerah diharapkan dapat berdampak pada efisiensi, efektivitas, serta akuntabilitas belanja yang dilakukan oleh semua SKPD dan akan diterapkan secara bertahap. Efisiensi waktu dan efisiensi pengelolaan keuangan daerah ini akan memperbaiki tata kelola pengelolaan kas di masing-masing SKPD. Penerapan akan kita lakukan setelah ada regulasi dalam bentuk Peraturan Bupati sebagai dasar hukum penerapan transaksi non tunai di lingkup Pemerintah Kabupaten Mappi. Harapan dan komitmen kami Pemerintah Daerah agar persiapan dari sisi sumber daya manusia, sarana prasarana pendukung seperti ruangan yang khusus, dan ketersediaan jaringan internet yang memadai bisa mendukung penerapan transaksi non tunai di lingkup Pemerintah Kabupaten Mappi.

Oleh : Admin Web | 15 Oktober 2020 | Dibaca : 40 Pengunjung