DETAIL BERITA

BUPATI LAUNCHING LISTRIK DESA ECI DISTRIK ASSUE KABUPATEN MAPPI

Selaku perwakilan Manager PT PLN Persero UP3 Merauke La Riu mengatakan “Pagi hari ini kita sama-sama menyaksikan bahwa mulai sebentar malam dan seterusnya listrik di Desa Eci akan mendukung semua aktifitas perekonomian di kampung ini. Distrik Assue ini masuk dalam Program Papua Terang. Untuk tahun 2020 ada 51 kampung yang kami survei beberapa waktu yang lalu dan mudah-mudahan di tahun ini bisa kami selesaikan 100 persen selesai. Pada saat ini saya ingin sampaikan kepada Pak Bupati bahwa pekerjaan terus kami jalankan. Kami dari PLN mengawal semua kegiatan dan kami tetap berjuang untuk melistriki lebih dari 51 kampung, kalau tidak salah ada 163 kampung yang akan terproses dan terprogram untuk PLN hadir di kampung-kampung untuk menerangi setiap rumah masyarakat.”

Dalam sambutannya Bupati Mappi mengatakan “Pada kesempatan ini ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan yaitu perjalanan komunikasi kita dengan pihak PT PLN terhadap proses pengembangan kelistrikan di Kabupaten Mappi. Jadi proses komunikasi saya dengan pihak PT PLN ini sudah sejak Tahun 2017, sejak saya dilantik dalam rangka melihat kepentingan masyarakat secara menyeluruh untuk membawa Mappi menuju masa depan. Dan saya melihat beberapa hal yang dapat kita lakukan tidak hanya dapat memberikan manfaat secara langsung tetapi juga dapat dirasakan oleh semua orang. Jadi kita memulai dengan membuat kelompok permasalahan dari segi infrastruktur.

Ditambahkan Pada kesempatan ini juga perlu saya sampaikan kepada saudara-saudara yang saat ini sedang memakai lampu penerangan dalam bentuk solar sel tunggal itu akan kami gantikan sesuai dengan kesepakatan saya dengan pihak PT PLN dan kita sepakat untuk tahun 2022 teman-teman dari PT PLN sudah harus berpikir untuk pelaksanaan pergantiannya. Karena penerangan dalam bentuk solar sel tunggal hanya bersifat sementara dan harus kita ganti dengan kualitas yang lebih baik sehingga pemanfaatan listrik tidak hanya untuk sekedar penerangan. Dari pembicaraan kita dengan pihak PT PLN fokus kita adalah seluruh kampung wajib 24 jam karena tenaga yang digunakan adalah tenaga surya. Secara teknis ada beberapa pilihan energi yang ditawarkan kepada kami tapi sesuai dengan pembicaraan saya bahwa di Kabupaten Mappi lebih cocok dengan menggunakan energi panel surya/penggunaan cahaya matahari, karena saya berpikir bahwa kondisi geografis dan alam kita yang akan menjadi kendala. Agar tidak merepotkan kita, hanya perlu petugas untuk menjaga dan merawat. Sehingga saya memilih untuk menggunakan solar sel terpusat dengan teknologi yang terbaru, seperti yang sudah digunakan pada beberapa kampung di Kabupaten Mappi, diantaranya Kampung Upin, Taragai, Rep, Enem, Paedam, Tokhom, Masin, dan Wairu”, ujar Bupati Mappi mengakhiri sambutan.

Oleh : Admin Web | 10 Nopember 2020 | Dibaca : 43 Pengunjung