DETAIL BERITA

KUNJUNGAN KERJA KEPALA DINAS PENDIDIKAN, PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROVINSI PAPUA KE MAPPI

Dalam sambutannya disampaikan bahwa hari ini tanggal 6 November 2020 saya sebagai Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua dan kepala bidang juga staf yang ikut berkunjung ke Kabupaten Mappi untuk melihat dan mengunjungi beberapa sekolah khususnya sekolah SMA/SMK dan sekolah pendidikan dasar lainnya.

“Sebetulnya pertemuan hari ini sebagai tindak lanjut dari pertemuan Bupati Mappi dengan kami di Jayapura beberapa waktu lalu, kami melihat Bapak Bupati mempunyai komitmen yang besar untuk memajukan pendidikan di Mappi, oleh karena itu kami Dinas Pendidikan Provinsi Papua akan membantu semua itu”, ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, dari kunjungan kami hari ini ada tiga hal yang saya lihat, pertama kita perlu membantu Kabupaten Mappi dalam rangka mendesain ulang sesuatu yang berkaitan dengan pendidikan khususnya SMA/SMK. Itu saya lihat bangunannya masih tidak tertata dengan baik, jurusan juga tidak tertata dengan baik, jurusan yang ada harus kita gabung , tapi ada jurusan juga yang harus kita buka karena kebutuhan daerah. Contoh hari ini Bupati punya program untuk penanaman sagu ini kan kita perlu memberikan penguatan pada teman-teman di SMK tertentu. Yang kedua kita melihat masalah guru hari ini, ada banyak permasalahan guru yang hari ini harus kita tolong baik yang berkaitan dengan hak-hak mereka tapi juga nasib mereka misalkan ada guru honorer yang sudah lama dan merindukan menjadi CPNS, ada guru yang kenaikan pangkatnya susah sekali juga terkait kendala masalah kenaikan gaji berkala dan itu yang tadi saya lihat langsung di lapangan. Yang ke tiga yaitu terkait masalah  koordinasi antara kabupaten dan provinsi. Walaupun kewenangan SMA dan SMK ada di provinsi, tetapi SMA/SMK harus tetap berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Mappi, yang selanjutnya akan diteruskan kepada Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua.             

Dari hasil kunjungan ini saya pikir 3 hal besar tadi yang kita diskusikan untuk mendapat penyelesaian, dari hasil pertemuan di lapangan tadi kita melakukan pertemuan dengan guru-guru dan kepala sekolah dan kebetulan Bapak Bupati juga berkenan hadir dan kami banyak masukan dari Beliau tentang dukungan yang diberikan untuk pendidikan di Mappi secara khusus. Kami juga akan mendukung apa yang dilakukan oleh Bupati Mappi dalam beberapa hal Beliau sudah melakukan lobi atau pendekatan dengan kementerian terkait, saya pikir kita akan mendorong itu sehingga tujuan kita akan sama, kita mau anak-anak Mappi menjadi anak yang cerdas dan berkarakter.

“Untuk menuju ke sana banyak hal strategi yang kita perlu lakukan yakni pembangunan sekolah asrama, penempatan guru dan murid serta dukungan orangtua. Ada dua sekolah yang belum berhasil saya kunjungi yaitu di Senggo, Assue dan Bade tetapi saya yakin suatu saat nanti kami akan datang untuk berkunjung”, tukas Christian.

“Atas nama pemerintah Provinsi Papua kami mengucapkan terimakasih kepada Bupati Mappi yang punya komitmen sungguh untuk pendidikan, kepada guru-guru di Mappi baik itu guru SD, SMP, SMA dan SMK khususnya saya juga menyampaikan terimakasih. Bapak ibu adalah orang-orang hebat yang Tuhan tempatkan untuk mengabdi di tempat yang sangat susah ini tapi percayalah walaupun pemerintah terbatas tapi Tuhan tidak akan pernah melupakan bapak dan ibu”, ujarnya mengakhiri wawancara singkat dengan pewarta portal.mappikab.go.id.

Oleh : Admin Web | 10 Nopember 2020 | Dibaca : 49 Pengunjung