DETAIL BERITA

SOSIALISASI INVENTARISASI KARAKTERISTIK EKOSISTEM GAMBUT PADA 2 KESATUAN HIDROLOGIS GAMBUT (KHG) KABUPATEN MAPPI

Ketua Tim Inventarisasi Karakteristik Ekosistem Gambut di Kabupaten Mappi Dr. Ir. Budi Susetyo, M.Sc. mengatakan kami melakukan focus group discussion untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan untuk menyamakan persepsi dari kepala-kepala dinas yang terkait untuk pengembangan kawasan gambut khususnya di wilayah Kabupaten Mappi. Lebih lanjut dijelaskan gambut merupakan kawasan yang potensial untuk bisa dikembangkan terutama untuk kawasan budidayanya, namun demikian gambut juga sangat rentan terhadap degradasi kerusakan lahan gambut akibat salah penanganan, misalkan dengan mendrainase kawasan gambut bisa mengakibatkan lahan gambut mengering dan bisa mengakibatkan terjadinya kebakaran hutan yang berpotensi  mengganggu ekosistem kehidupan global, sehingga penanganan kawasan ini perlu hati-hati.

“Kami ditugaskan untuk melakukan inventarisasi kawasan lahan gambut di Kabupaten Mappi untuk mengidentifikasi mana yang termasuk kawasan budi daya dan mana yang termasuk di dalam kawasan gambut yang harus dilindungi yaitu yang kedalamannya lebih dari 3 meter”, ujar Budi Susanto.

Masukan-masukan dari kajian inventarisasi ini nanti akan ditindak lanjuti oleh proses-proses berikutnya termasuk oleh Direktorat Pengendalian Kerusakan Gambut Ditjen PPKL KLHK untuk bisa dilakukan penetapan kawasan ekosistem gambut ini, kalau sudah ditetapkan maka ada kewajiban kita semua untuk menjaga. Namun untuk yang kawasan budi daya lanjut Budi bisa kita optimalkan pemanfaatannya apalagi tadi Bapak Sekda sudah sampaikan bahwa Kabupaten Mappi sangat potensial untuk mengembangkan tanaman sagu, sehingga potensi kawasan budi daya inilah yang diharapkan nanti untuk bisa menjadi basis pengembangan tanaman sagu.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Mappi dan semua pihak yang telah mendukung dan memberikan kesempatan kepada kami untuk memetakan dan menggali data-data dan informasi setidaknya ada 13 parameter dan 2 parameter tambahan yaitu kearifan lokal dan aspirasi masyarakat. Saya berharap Kabupaten Mappi menjadi kabupaten yang maju terutama dari basis pengembangan pertanian tanaman sagu dan potensi-potensi lainnya”, tukasnya.

 

Oleh : Admin Web | 17 Nopember 2020 | Dibaca : 42 Pengunjung