DETAIL BERITA

BADAN SIBER DAN SANDI NEGARA BERSAMA DINAS KOMINFO MAPPI GELAR SOSIALISASI VIRTUAL PENGGUNAAN SERTIFIKAT ELEKTRONIK DIGITAL SIGNATURE

Digital Signature digunakan untuk menandatangani dokumen digital yang menjamin keaslian dokumen, autentikasi dan nir-penyangkalan. Tujuan penandatanganan dokumen adalah sebagai bukti, formalitas, persetujuan, dan efisiensi. Sehingga tanda tangan harus memuat beberapa unsur, yaitu otentikasi penandatanganan yaitu mengidentifikasi siapa yang menandatangani dokumen dan otentikasi dokumen yaitu mengidentifikasi keaslian dokumen. Tanda tangan elektronik berfungsi sebagai alat autentikasi dan verifikasi atas identitas penandatangan serta keutuhan dan keautentikan informasi elektronik.

Sekretaris Daerah Kabupaten Mappi Drs. Gregorius Tuantana, M.Si. dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa pemanfaatan tanda tangan elektronik sangat membantu kita dalam rangka efisiensi kinerja pemerintahan dan kepastian hukum sesuai dengan tanggung jawab jabatan, seperti ketika sedang melakukan perjalanan dinas sehingga tidak berada di tempat tugas.

“Dengan pemanfaatan tanda tangan elektronik ini, penandatanganan dapat dilakukan di manapun kita berada tanpa harus melibatkan urusan administrasi kepada pelaksana harian”, ujar Sekda Mappi.

Dalam penyelenggaraan pemerintahan, hal-hal tertentu seperti pemalsuan tanda tangan seringkali terjadi. Namun dengan adanya tanda tangan berbasis elektronik, hal tersebut dapat dihindari. Maka setiap surat maupun dokumen hukum yang dikeluarkan atas nama jabatan yang bersangkutan pasti diketahui, sehingga konsekuensi dan legalitas hukumnya menjadi tanggung jawab pejabat yang bersangkutan.

Lebih lanjut, Gregorius berharap kepada narasumber agar dapat memberikan penjelasan yang detail terhadap mekanisme dan manfaat tanda tangan elektronik sehingga para pimpinan OPD yang hadir dapat mengikuti sosialisasi dengan baik agar dalam pelaksanaannya nanti tidak mengalami kesulitan.

“Mudah-mudahan sosialisasi ini dapat berjalan dengan lancar, serta apa yang disampaikan dan apa yang kita terima sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada”, harap Sekda Mappi mengakhiri sambutannya.

Oleh : Admin Web | 23 Desember 2020 | Dibaca : 23 Pengunjung