DETAIL BERITA

KUNJUNGAN KERJA BUPATI MERAUKE DI MAPPI

Kunjungan kerja Bupati Merauke didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Merauke Ruslan Ramli, S.E., M.Si., serta beberapa stafnya, juga Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke Dominikus Ulukyanan.

Kedatangan Bupati Mbaraka di Bandara Kepi disambut Wakil Bupati Mappi Jaya Ibnu Su’ud, S.T., serta Sekretaris Daerah Kabupaten Mappi Drs. Gregorius Tuantana, M.Si., serta sejumlah pejabat lain.

Wakil Bupati Mappi Jaya Ibnu Su’ud, S.T. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Bupati Merauke bersama rombongan yang telah datang di Kepi, Kota Sejuta Rawa, untuk berdiskusi tentang sejumlah hal.

“Bupati Mappi sedang ada kegiatan lain, sehingga tak sempat hadir. Tetapi hal-hal yang dibicarakan dalam pertemuan ini, akan kami laporkan ke Beliau,” katanya.

Bupati Merauke Drs. Romanus Mbaraka, M.T. dalam sambutannya mengatakan khusus terkait daerah perbatasan dua kabupaten ini, perlu dibicarakan dan didiskusikan bersama.

“Perlu saya sampaikan bahwa pemekaran tiga kabupaten di wilayah selatan Papua yakni Boven Digoel, Mappi, serta Asmat beberapa tahun silam, saya termasuk salah satu tim pemikir dan pencetus. Sehingga ketiga kabupaten telah otonom dan menjalankan roda pemerintahan masing-masing,” katanya.

Dijelaskan, soal kesepakatan wilayah yang dibicarakan ketika itu, bertepatan dengan pemekaran tiga kabupaten adalah dengan pendekatan alam serta kultural maupun wilayah pemerintahan.

Lanjut Bupati Mbaraka, daripada ribut di Kementerian Dalam Negeri, lebih baik dibicarakan dengan baik terlebih dahulu antara pemerintah kabupaten, sebelum masalah ini dibawa ke Kemendagri.

Ditambahkan, dari paparan yang disampaikan Kemendagri, telah menentukan masing-masing koordinat. Dari beberapa koordinat itu, terdapat kegiatan pembangunan, baik dilakukan oleh Pemkab Mappi maupun Merauke.

“Saya hanya membawa beberapa pejabat. Jika sudah ada kesepatakan bersama baru kita undang masyarakat maupun pemangku adat untuk dibicarakan kembali,” tukasnya.

Oleh : Admin Web | 20 Maret 2021 | Dibaca : 16 Pengunjung